Wisata Outbound Malang Coban Kodok

Outbound, wisata

COBAN KODOK MALANG,Sebuah wisata air terjun yang mungkin masih sangat terengar asing dan baru dan bahkan tak pernah kita dengar namanya sebelumnya dan outbound malang ternyata berada didalam kawasan kota wisata batu lebih tepatnya pujon,sebuah panorama aliran air terjun yang menjulang tinggi nan indah bernama coban kodok yang masih belum diketahui orang banyak karena mungkin publikasi dan lokasi yang ditempuh masih jauh dari kata baik sehingga masih sedikit sekali pengunjung yang dating  dengan hanya sekedar informasi antar mulut ke mulut mengenai keberadaan lokasi air terjun coban kodok tersebut,serta belum terjamah dan belum ada campur tangan pihak pengelola baik swasta maupun pemerintah yang menginvestasikan sejumlah rupiah mereka untuk membenahi dan memfasilitasi potensi alam yang indah dan masih sangat terjaga kealamiannya ini.

Di lokasi ini terdapat dua air terjun, yakni Coban Kodok 1 dan 2. Kedua air terjun tersebut terpisah sejauh 400 meter. Coban Kodok 1 memiliki ketinggian 70 meter, sedangkan Coban Kodok 2 hanya 30 meter tingginya.Air terjun coban kodok keren ini terletak sekitar 10 kilometer sebelah barat Kota Batu. Tepatnya,berada di Dusun Gumul, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kota Batu.

Untuk mencapai lokasi air terjun tersebut,Dari arah Kota Batu/Kota Malang, silakan mengarahkan kendaraan anda menuju ke Pujon, lalu menuju Desa Sukomulyo, hingga menuju ke Dusun Gumul. Jika dari arah Kediri, Anda bisa lewat rute Kandangan-Kasembon-Ngantang-Pujon-Sukomulyo. Sementara dari arah Blitar, Anda bisa mengambil rute Wlingi-Waduk Selorejo Ngantang-Pujon-Sukomulyo.

Sebelum melakukan trekking, Anda harus menyiapkan fisik dan perbekalan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga wajib memerhatikan cuaca. Jika cuaca buruk, sebaiknya Anda menurungkan niat menyingkap keindahan coban ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda pun harus menghormati peraturan warga lokal demi keselamatan bersama.

Tak seperti ‘tetangganya’, Coban Sumber Pitu, coban satu ini belum dikelola oleh siapa pun. Tak heran jika Anda masih mendapati kesan alami yang terasa kental pada lokasi coban ini. Untuk itu, Anda disarankan untuk turut serta menjaga kelestariannya dengan tidak meninggalkan sampah. Anda juga disarankan agar tidak ambil apa pun dari lokasi coban ini selain foto.

Sampai di Dusun Gumul, Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah warga setempat. Lalu, Anda bisa melanjutkan perjalanan sesungguhnya menuju ke Coban Kodok dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer. Jangan malu-malu untuk bertanya kepada warga sekitar di manakah lokasi coban sesungguhnya agar tak tersasar. Usai trekking selama 20 menit, mata Anda akan terbelalak oleh pesona Coban Kodok 1. Jika puas menikmati coban tersebut, Anda bisa trekking kembali ke Coban Kodok 2 yang letaknya tak jauh dari lokasi coban yang pertama.

Leave a Reply